Rabu, 31 Juli 2013

2 Cara Mudah Selective Coloring (Basic)

Selective coloring? Apa itu? Pasti kamu pernah melihat sebuat foto hitam putih yang dihiasi sedikit warna? Biasanya merah. Nah, itulah efek selective coloring. Ada banyak cara untuk melakukan ini, tapi saya pilihkan dua yang paling mudah untuk kamu coba.

selectivefinal1


Cara Satu

1. Buka foto di Photoshop

freeimage-4290833-web


Warna yang akan kamu ‘select’ tentunya terserah pada kamu. Tapi biasanya orang memilih warna-warna dominan dan mencolok seperti merah, kuning, dan sebagainya. Kali ini saya memilih foto kepik merah ini karena tidak terlalu banyak detil yang harus dipilih dan mudah untuk pemula.

2. Lasso Tool

selective1  selective2
Sekarang, kamu akan memilih bagian dalam foto yang akan kamu warnai. Dalam foto saya, adalah kepik. Gunakan ‘Selection Tool (pen, magic wand, magnetic tool, dsb.)’ yang kamu suka. Saya menggunakan ‘Magnetic Lasso’ karena warna kepiknya cukup kontras dibandingkan sekitarnya sehingga lebih mudah untuk dipilih dengan metode ini.

3. Inverse Selection

Setelah kamu mendapat bidang yang pas, baliklah pilihannya melalui ‘Inverse Selection (Ctrl + I)’ sehingga sekarang yang terpilih adalah bagian di luar objek yang akan diwarnai.

4. Channel Mixer

selective3   selective4
Sekarang, di window layers, pilih ‘Channel Mixer’ melalui ‘Fill or Adjustment Layer’. Kamu akan mendapatkan pilihan seperti gambar diatas untuk mengatur bagian hitam & putih dalam fotomu. Saya membuat pengaturan seperti yang bisa kamu lihat untuk mendapatkan bagian monochrome yang lebih menarik. Setelah puas dengan hasilnya, lakukan ‘Deselect (Ctrl + D)’, lalu ‘Flatten Image’.

5. Selesai!

selectivefinal1
Fotomu dengan efek Selective Coloring cara pertama selesai sudah. Gampang sekali kan? Sekarang kita lihat cara berikutnya.

Cara Dua

1. Buka foto di Photoshop

2. Duplicate Background

selective6
Melalui window Layers, klik kanan background lalu pilih ‘Duplicate Layer’. Sekarang kamu punya dua foto sama persis yang bertumpuk.

3. Black & White lalu Layer Mask

selective7
Sekarang, ganti foto di layer ‘Background Copy’ ke hitam dan putih melalui Image > Adjustment > Black & White. Setelah foto berubah warna, tambahkan ‘Layer Mask’ masih di ‘Background Copy’.

4. Brush Tool

selective8
Kemudian, zoom di bagian yang akan kamu warnai, dan kilk layer mask yang kamu buat tadi. Sekarang pastikan warna foreground-nya hitam, lalu pilih ‘Brush Tool’. Pilih yang solid, hardness 100%, opacity 100%, flow 100%. Ukurannya sesuaikan dengan bidang yang akan diwarnai. Setelah pas, mulailah mewarnai di area yang diinginkan.

5. Selesai!

selectivefinal2
Lalu – mungkin kamu bertanya – mana cara yang lebih baik? Tidak ada.Kamu hanya memilih mana yang menurut kamu lebih mudah dikerjakan. Setelah kamu fasih dengan objek-objek yang mudah, mungkin kamu ingin coba dengan yang lebih detil dan rumit. Tips : kalau kamu menggunakan ‘Channel Mixer’ untuk bagian hitam & putih, kamu akan punya keleluasaan untuk menentukan seperti apa tampilannya sehingga bisa mendukung objek berwarnanya untuk tampil lebih ‘pop’.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar